Tomyam&Ayam Masak Chili

Awalnya malam ini saya dan teman saya yang bernama Miranda ingin mencari makan malam di “Suka-suka” yang lokasinya di Jalan Kaliurang hanya saja karena tadi hujan maka kami mengurunkan niat untuk ke sana. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari makan di dekat kost saja yaitu “Rempah Asia Masakan Malaysia” yang letaknya di Jalan Kaliurang km. 5 No. 21, Jogja. Tempat makan ini sangat familiar bagi masyarakat Jogja, khususnya mahasiswa karena letaknya yang berada di dekat kampus dan komplek kost-kostan mahasiswa juga. Di tempat ini banyak menyajikan makanan dan minuman khas Malaysia seperti nasi lemak, nasi goreng lemak, roti canai, tomyam, nasi paprik, nasi ayam masak, teh tarik (ada yang ukuran jumbo jg loh), lychee sirup, es sirup camcau (hitam), dll. Kisaran harga di sini memang standar yaitu dibandrol dengan harga 5.000-15.000an, tapi ya kalau setiap hari kita makan di sini sih lumayan juga menguras kantung, hee.

Tadi saya memesan ayam masak chili pedas dan es teh tarik, sedangkan miranda memesan tomyam sayur pedas dan es teh tarik pula. Ayam masak chili pedas adalah ayam goreng basah yang dilumuri dengan sambal ulek pedas kasar, sambal teri halus, kacang tanah, nasi lemak, dan mentimun. Rasanya boleh lah enak bikin kenyang but still recommended. Tapi saya kurang suka dengan sambal teri halusnya karena kurang bersahabat, hee. Berbeda dengan tomyam sayur pedas, masakan ini memiliki bentuk dan rasa seperti sayur asem hanya saja lebih asem dan seger banget. Tomyam itu terdiri dari potongan wortel, buncis, kembang kol, dan irisan bulat bawang bombay.

Minuman yang paling terkenal di sini adalah teh tarik. Teh tarik di sini memiliki rasa yang enak hanya saja sifatnya suka ‘moody’ oleh yang buat tehnya, kadang rasanya pas enak banget, namun kadang pula kurang pas entah itu dari teh atau susunya yang kurang atau bahkan airnya yang kebanyakan. But, secara kesuluruhan saya suka teh tarik di sini.

Ayam masak chili yang siap saya santaaaap.mancaaaaab!

Sebenarnya ayam masak ini terdiri dari berbagai macam jenis salah satunya yaitu ayam masak chili. Chili di sini maksudnya adalah dilumuri dengan sambal ulek pedas yang kasar. Sambal yang seperti inilah yang sangat saya sukai.  Kisaran ayam masak di sini dibandrol mulai dari 10.000 hingga 12.000.  Harga untuk ayam masak chili itu sendiri adalah 10.000 tapi kalau mau tambah nasi putih maka harus nambah 3.ooo rupiah lagi. Akan tetapi kalau mau pakai nasi lemak maka harganya akan jadi lebih mahal. Total jika kita makan makanan ini plus nasi putih dan teh tarik, then it will cost +/- 19.000. Well, it is a little bit expensive but you have to try this one occasionally!

Teh tarik monggoooooo

Menurut saya teh tarik ini memang diracik oleh si pembuat teh, maksudnya tuh dia tidak menggunakan teh tarik instan seperti sachet yang ada di warung2x. Hal ini terlihat dari sifat ‘moody’ yang dihasilkan oleh teh tarik tersebut bahkan terkadang saya sempat loh merasakan adanya grendel atau serbuk2x racikan semacam rempah pada bagian bawah tumbler/gelas tersebut. Harga minuman ini dibandrol 6.000 rupiah.

Ini dia tomyan sayur yang pedas tapi asem!

Sama seperti ayam masak, tomyam pun terdiri dari berbagai aneka jenis sehingga harganya pun akan menyesuaikan. Harganya dibandrol mulai 10.000-12.000, akan tetapi untuk tomyam sayur ini adalah 10.000 sudah plus nasi, lumayan kan?! Rasanya memang asam tapi tetap segar jadi bikin nambah nafsu makan. Andalan menu lain di sini selain yang telah disebutkan di atas adalah roti canai. Roti canai di sini enak dan terdiri dari banyak rasa sehingga banyak pilihan pula. Karena saya tidak terlalu suka dengan yang rasa yang terlalu manis maka menurut saya roti canai susu kurang begitu recommended. Saya lebih suka dengan roti canai kari karena rasanya yang gurih dan cukup pedas karena ada kuah karinya. Roti canai dibandrol mulai dari 5.000-10.000. Menurut teman saya, Miranda, roti canai keju adalah yang terbaik. Jadi ini memang tergantung selera dan kesukaan masing-masing. Semoga informasi berbagi kuliner ini bermanfaat. Selamat mencoba.

salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s