James Ingram…

Adakah teman-teman di sini tau siapakah James Ingram?

…………………………..

James Ingram adalah penyanyi asal Amerika Serikat yang tenar pada tahun 1980-1990an yang telah memenangkan 2 (dua) kali penghargaan Grammy dan mendapatkan 2 (dua) kali nominasi Academy Awards untuk kategori “Best Original Song“. Melihat prestasi yang sudah diraih itu membuktikan bahwa James Ingram adalah seorang penyanyi yang berkualitas pada jamannya. Memenangkan penghargaan ajang Grammy dan masuk ke dalam nominasi Academy Awards sudah membuktikan bahwa karya yang sudah dibuat oleh James Ingram sungguh membuahkan hasil. Sebenarnya sudah dari jaman kuliah banget aku suka dengerin lagu-lagu nya James Ingram. Sementara pertama kali yang bikin ngeh sama lagu-lagunya dia itu, eum apa yah, enggak tau aku lupa hahaha. Pokonya random aja sih sampai akhirnya pada suatu masa aku dengerin lagu-lagunya dia.

jamesingram

Ini dia si penyanyi James Ingram itu

Lagu pertama yang aku denger itu judulnya ‘Just Once” dan langsung jatuh hati karena suaranyaa yang enaak plus alunan musiknya yang khas tahun 1990an. Bikin adeem banget dengernya. Karena sudah jatuh hati dengan lagu itu kemudian iseng cari lagu dia yang lain dan ketemulah dengan lagu yang berjudul “I Don’t Have the Heart”. Pertama kali dengar lagu itu entah kenapa langsung baper, hahaha. Begini liriknya:

Your face is beaming
You say it’s ’cause you’re dreaming
Of how good it’s going to be
You say you’ve been around
And now you’ve finally found
Everything you wanted and needed in me I don’t have the heart to hurt you
It’s the last thing I want to do
But I don’t have the heart to love you
Not the way you want me to Inside I’m dying
To see you crying
How can I make you understand
I care about you
So much about you, baby
I’m trying to say this as gently as I can ‘Cause I don’t have the heart to hurt you
It’s the last thing I want to do
But I don’t have the heart to love you
Not the way you want me to You’re so trusting and open
Hoping that love will start
But I don’t have the heart, oh, no
I don’t have the heart I don’t have the heart to hurt you
It’s the last thing I want to do
But I don’t have the heart to love you
Not the way that you want me to I don’t have the heart (Ooh…)
(Baby, I don’t have the heart, I don’t have the heart)
I don’t have the heart (Ooh…)
(Baby, I don’t have) I don’t have the heart
I don’t have the heart
I don’t have the heart…
Enggak tau gimana ceritanya pokoknya pas pertama kali dengar lagu ini langsung baper bawaannya hahaha. Jujur walau lagunya agak sendu , tapi tetap enaak buat didengar, buktinya lagu itu dlu sempat ada dalam playlist iphone hehee. Terus kemudian berlanjut mendengarkan lagu-lagu James Ingram lainnya yang surprisingly, kebanyakan lagu-lagunya aku sukaaa. Memang kebanyakan tema lagunya itu tentang cinta tapi di situlah kualitas lagu yang dihasilkan oleh James Ingram. Sekali lagi alunan musik dan suaranya sarat akan melodi tahun 90an bikin jatuh hati *prok prok*.
Kalau pernah tau film animasi “An American Tail” yang soundtrack-nya berjudul “Somewhere Out There” maka penyanyinya itu adalah James Ingram yang berduet dengan Linda Ronstadt. Kalau denger lagunya pasti ngerti deh. Dulu kalau dengar lagu ini berasa lagi tiduran di hamparan rumput yang hijau yang di sebelah sisinya ada sungai-sungai yang mengalir dengan air yang jernih  sembari merasakan tiupan angin hehee. Kebayang dong syahdu banget lagunya. Atau kalau pernah dengar lagunya yang lain yang berjudul “The Day I Fall in Love” itu pasti bakal tau dan suka deh.
Nah, kemarin ini dapat info bahwa penyanyi jazz ternama Amerika Serikat yang telah memenangkan 7 (tujuh) penghargaan Grammy, yaitu Al Jarreau wafat pada usia 76 tahun pada tanggal 12 Februari 2017. Ketika sedang melihat video-video nya Al Jarreau di YouTube tiba-tiba teringat dengan James Ingram dan langsung memutar kembali lagu-lagunya dia. Al Jarreau dan James Ingram pernah tampil bareng pada saat menyanyikan lagu amal yang berjudul “We Are the World” bersama Michael Jackson, Lionel Richie, Billy Joel, Bruce Springsteen, Cindy Lauper, Kenny Rogers, Kenny Loggins dll.
Selain James Ingram, penyanyi lainnya yang aku suka karena vokal nya yang kuat dan mengingatkan dengan masa kecil adalah Peabo Bryson. Yup, penyanyi yang terkenal dengan lagunya “Beauty and the Beast” dan “A Whole New World” itu bikin jatuh hati juga. Sebenarnya banyak sih lagu-lagu Peabo Bryson yang terkenal kayak “By the Time This Night is Over”, “If Ever You’re in My Arms Again”, “Tonight I Celebrate My Love” dan masih banyak lagi. Cuma mungkin lagunya yang paling fenomenal itu adalah dua lagu Disney di atas tadi.
Oke, kembali lagi ke James Ingram, sekarang ini aku lagi sukaa banget dengerin lagu-lagunya dia. Lagu-lagunya itu loh bikin hati adem banget dan membayangkan jaman sekarang ada lagu-lagu kayak dia atau kayak penyanyi-penyanyi tahun 1990an lainnya. Sepertinya penyanyi macam James Ingram (dan juga Peabo Bryson) perlu dikenal lebih luaas lagi oleh orang-orang masa kini mengingat karya dan suara mereka yang begitu emas dan mengagumkan.
Salam,
P
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s