Short Review Sambil Nunggu Tidur

Kemarin – kemarin ini gw cukup banyak ngabisin waktu buat nonton drama Jepang sehabis pulang kerja. Selain ngisi waktu buat nunggu waktu tidur, gw juga suka sama drama – drama Jepang apalagi yang temanya tentang human drama,  life atau school life gitu, dan udah gw jelasin sebelumnya juga kenapa gw suka drama Jepang di sini: link.nya. Ada beberapa drama yang udah gw tonton belakangan ini, salah satunya adalah:

Freeter Ie o Kau:

Ini ceritanya tentang seorang pemuda bernama Seiji Take (diperankan oleh Ninomiya Kazunari) yang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Sebenarnya sebelumnya diceritain kalau dy udah kerja di sebuah perusahaan elektronik namun karena merasa tidak cocok dengan perusahaan tersebut akhirnya dy keluar. Nah semenjak keluar dari perusahaan itulah dy mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan sehingga memutuskan dy untuk mencari pekerjaan sementara seperti menjadi kasir minimarket ataupun staf supermarket. Posisi inilah yang menjadikan Seiji Take disebut sebagai Freeter. Freeter sendiri adalah ungkapan orang Jepang terhadap seseorang yang belum memiliki perkerjaan tetap dan hanya bekerja serabutan saja. Karena posisinya sebagai Freeter serta susahnya mendapatkan pekerjaan inilah yang membuat Seiji sering bertengkar dengan ayahnya bahkan ibunya pun jadi ikut – ikutan depresi. Tapi akhirnya diketahui pula bahwa penyebab utama yang membuat Ibu seiji menjadi depresi adalah karena sering dibully oleh tetangganya. Pada suatu hari Seiji mendaftar sebagai buruh konstruksi di sebuah perusaahan konstruksi kecil. Akhirnya dy diterima untuk bekerja di sana namun keputusannya ini jelas ditentang oleh sang ayah. Walaupun menjadi seorang buruh, Seiji mendapatkan gaji yang sangat tinggi yang mana dengan uangnya itu ia gunakan untuk membeli rumah baru buat ibunya sekaligus menyembuhkannya dari depresi.

0d30b18053639e88b0ea25c34d34bf0a1285669353_fullPoster drama Freeter Ie o Kau

Opini:

Nonton drama ini bikin gw sadar bahwa cari pekerjaan itu bukan Cuma di Indonesia doang yang susah bahkan di negara maju macam Jepang pun sama juga susahnya. Dan kondisi galau yang dicitrakan oleh Seiji Take tuh mirip banget sama kondisi para galauers di Indonesia yang lagi mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Gw sendiri pernah ada di posisi galau kayak gitu. Jujur gw suka nonton drama kayak gini karena secara enggak langsung bikin gw semangad untuk berbuat lebih baik lagi serta bersyukur dengan keadaan gw yang sekarang yang sudah bekerja. Kalau dari segi akting si member boyband Arashi ini, Ninomiya Kazunari, walaupun dari banyak orang bilang kurang greget, tapi menurut gw dy bagus koq aktignya di sini. Apalagi pas akting nangis – nya yang bikin gw jadi terharu dan ikutan nagis juga haha. Gw belum pernah sih nonton drama – drama dy sebelumnya tapi ternyata si Ninomiya Kazunari ini manis dan ganteng juga ya haha. Drama ini keren menurut gw karena di sini kita bisa belajar banyak hal, salah satunya adalah keluarga, persahabatan dan pentingnya untuk selalu semangat dan pantang menyerah dalam hidup kita. Oiya satu lagi, dalam salah satu adegan di drama ini, ayahnya Seiji pernah ngasih tau Seiji gimana caranya interview dan ngisi CV yang baik dan benar. Lumayan berguna banget tuh buat dipelajarin ketika kita ingin ngisi CV atau interview kerja.

Koukou Nyushi

Selain Freeter Ie o Kau, kemarin ini gw berkesempatan nonton drama yang lain yaitu Kouko Nyushi atau yang dalam Bahasa Inggris itu artinya adalah High School Entrance Exam. Drama ini dilakoni oleh artis Masami Nagasawa sebagai Kyoko Haruyama yang berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris di salah satu SMA favorite di Jepang. Ceritanya si Kyoko ini udah lama tinggal di luar negeri dan kembali lagi ke Jepang menjadi seorang guru. Pada saat sebelum dan sedang dilaksankannya ujian masuk SMA tersebut, dy dan beberapa guru di sekolah dihadapkan pada berbagai rentetan kejadian janggal yang mengancam ujian masuk tersebut. Selain itu, masalah juga kembali muncul dengan ditemukannya satu forum online yang ditujukan untuk mempropagandakan ujian masuk tersebut. Usernya adalah para pelajar yang akan mengikuti ujian itu namun banyak dari mereka yang ragu dan tidak terlalu bersemangat serta tidak peduli akan ujian masuk tersebut. Dengan kejadian itu maka Kyoko beserta guru – guru lainnya berupaya untuk mencari tahu siapa dalang dari terjadinya rentetan peristiwa aneh dan penuh misteri yang terjadi pada saat sebelum dan sedang berlangsungnya ujian masuk SMA tersebut.

350px-Kokonyushi1Poster drama Koukou Nyusii

Opini:

Drama ini masuk dalam kategori bergenre misteri karena ingin mengungkap berbagai kejadian aneh yang terjadi selama ujian masuk SMA berlangsung. Drama ini cukup intens dalam memberikan misteri dan tanda tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi di balik ini semua. Gw sendiri dibuat penasaran sama siapa sih sebenarnya dalang dari semua ini. Itu semua emang kejawab sih di dua episode terakhir Cuma sayang tebakan gw mengenai siapa dalang sebenarnya itu meleset karena terkecoh sama jalan ceritanya yang detail hahaha. Jadi gw enggak sadar sama sekali kalau dy yang sebenarnya jadi dalang di sini. Nah di sini tuh ada dua dalang, yang satu jadi dalang supporter dan yang satunya lagi tuh yang jadi dalang utama. Mereka tidak saling berkaitan dan juga tidak saling bekerja sama. Btw, ini kayak OVJ aja main dalang – dalangan ya hahaha. Oiya scoring musik di drama ini nyeremin banget loh. Suasana misteriusnya jadi tambah kerasa banget. Merinding banget dengernya hii.

Sama seperti Ninomiya Kazunari, gw juga ini baru pertama kalinya nonton dramanya Masami Nagawasa karena sebelumnya gw belum pernah nonton drama – drama nya dy. Aktingnya lumayan sih di sini sebagai seorang guru yang sangat ingin tahu akan misteri yang terjadi. Oiya ini ceritanya juga unik banget, kayaknya gw belum pernah deh nonton cerita dengan genre misteri se – unik dan se – beda ini. Karena biasanya cerita misteri pasti identik dengan cerita – cerita detektif atau polisi. Sementara di sini tidak melibatkan itu semua, karena fokus di sini hanyalah pada ujian masuk SMA tersebut. Endingnya cukup enggak terduga koq, bagus deh. Ini drama keren lainnya yang gw tonton.

Limit

Limit merupakan salah satu drama terkeren yang pernah gw tonton sebelum tahun baru 2014 ini. Limit menceritakan tentang seorang gadis SMA bernama Konno Mizuki (Nanami Sakuraba) yang memiliki kehidupan sekolah yang nyaman. Dia merupakan salah satu anggota yang tergabung dalam sebuah geng cewek yang disegani di sekolahnya. Suatu hari, saat sedang melakukan perjalanan sekolah ternyata bus yang ditumpangi oleh Konno beserta teman – teman sekelasnya jatuh ke dalam jurang di hutan sehingga menewaskan seluruh penumpang di dalamnya kecuali Konno dan 5 orang lainnya. Ke lima orang itu adalah Kamiya, Ichinose, Moriko, Usui, dan Hinata. Kelima orang ini memiliki karakter yang berbeda – beda, sebut saja Kamiya yang memiliki sifat dewasa dan bisa membaca situasi, kemudian Ichinose yang merupakan teman satu geng – nya Kono. Ichinose memiliki nafsu makan yang aneh dan diam – diam ternyata dy menaruh perasaan benci terhadap Kono. Selain itu ada Moriko yang sangat tertutup. Moriko sering kali di bully oleh geng – nya Konno di sekolah, bahkan di rumahnya dy sering pula disiksa oleh ayahnya dan sempat mendapatkan kekerasan verbal oleh ibunya sendiri. Karena kecelakaan itu, sifat Moriko jadi berubah total! Ada lagi Usui yang pendiam dan di sini mungkin dy yang terlihat paling lemah. Dan yang terakhir adalah Hinata, satu – satunya male survivor dalam kecelakaan bus itu dan dy menaruh hati pada Konno. Ke enam survivor itu berusaha keluar dari situasi yang menyulitkan itu di dalam hutan. Situasi menjadi semakin kacau ketika salah satu dari mereka ada yang terbunuh sehingga membuat kepercayaan, persahabatan dan pertahanan mereka diuji.

LimitPoster drama Limit

Opini:

Limit memiliki cerita dan penggambaran drama yang keren! Gw suka banget nonton drama ini. Awalnya gw kira drama ini bakalan sama kayak film Battle Royale atau Hunger Games karena tema nya yang tentang survival ini, namun ternyata enggak koq.beda. Sama seperti Koukou Nyusii, drama ini juga unik dengan konsep cerita yang beda dibanding dengan yang lainnya. Dan baru kali ini juga kayaknya gw nonton drama Jepang yang temanya tentang survival gini. Sebenarnya tema besar drama ini memang tentang survival namun di dalemnya juga dilapisi dengan tema – tema lainnya yang ngebuat drama ini jadi ke – blend makin seru seperti persahabatan, kepercayaan, keberanian, keteguhan hati, dan kemanusiaan. Dalam drama ini juga gw jadi sedikit belajar mengenai jungle survival karena di dalemnya juga digambarin gimana caranya kita bertindak bila berada di situasi darurat deperti itu di dalam hutan. Dan karena drama inipula gw jadi makin tertarik sama jungle survival. Sebenarnya udah dari dulu gw tertarik sama hal itu, apalagi dengan latar belakang gw yang mewajibkan gw setidaknya tahu sedikit mengenai jungle survival. Sebenarnya bentuk survival itu bermacam – macam sesuai dengan keadaannya masing – masing seperti di gurun, laut, ataupun salju. Namun karena Indonesia di dominasi oleh hutan – hutan yang hebat dan keren, maka kita perlu dong tahu sedikit mengenai jungle survival tersebut. Dalam satu adegan diceritakan bahwa mereka menemukan sungai yang digunakan oleh mereka sebagai sumber air minum. Gw jadi inget kalau dulu dosen Ekologi gw pernah bilang kalau qt ngedenger ada suara burung dari dalam hutan maka itu berarti qt sudah dekat dengan sumber air yaitu sungai.

Akting artis – artisnya juga bagus semua di sini. Mereka semua terlihat alami tanpa berlebihan sama sekali. Menurut gw yang paling mencuri perhatian di sini adalah Moriko. Mbak yang meranin tokoh Moriko di sini tuh keren banget sih aktingnya sumpah deh. Dy sukses meranin tokoh Moriko yang mengalami permasalahan berat di kehidupan rumah dan sekolah nya yang kemudian tiba – tiba berubah menjadi Moriko yang berbeda total saat kecelakaan itu terjadi. Aktingnya total banget, keren deh pokoknya. Yang jadi Konno juga bagus aktingnya. Dy berusaha menjadi penyemangat di antara teman – temannya yang sudah putus asa. Ini drama yang bener – bener berkualitas deh.

Sprout

Drama ini punya tensi yang lebih santai dan ringan bila dibandingkan dengan yang sebelumnya yang emang tema – temanya tuh drama semua. Enggak usah heran sih, drama Sprout ini emang remaja banget dengan tema, suasana dan pemain yang juga remaja. Inti ceritanya tentang seorang gadis bernama Miku yang merasa telah menemukan fated person kala dy disentuh tangannya oleh seorang cowok saat dy sedang merasa tidak enak badan di sekolah. Saat itu Miku tidak bisa melihat dengan jelas siapa cowok yang sudah menyentuh tangan sekaligus mengantarkannya ke ruang UKS karena kondisinya yang sedang tak enak badan kala itu. Karena sentuhan tangan cowok itulah, Miku berkeyakinan bahwa orang itu adalah fated person yang ditakdirkan untuknya. Ternyata fated person yang dimaksud adalah Souhei (Yuri Chinnen) seorang cowok yang tiba – tiba ngekos di rumah Miku. Awalnya Miku tidak sadar dengan Souhei, namun karena suatu kejadian yang menharuskan mereka berjabat tangan kembali, akhirnya Miku sadar bahwa Souhei lah fated person yang dimaksud.

FeRLGPoster drama Sprout

Ternyata Souhei sudah punya pacar bernama Miyuki. Hubungan Miyuki dan Souhei membuat Miku tenggelam dalam perasaannya yang galau dan sedih. Tak jarang Miku dibuat menangis melihat kemesraan yang ditunjukkan oleh Miyuki dan Souhei. Menyadari hal itu, ada cowok lain lagi bernama Hayato yang diam – diam menaruh hati terhadap Miku. Ternyata Hayato tahu akan perasaan Miku yang demen berat sama Souhei akan tetapi dy berpegang teguh dan tetap ingin menjadi kekasih Miku. Sampai akhirnya Hayato jadian sama Miku dan menjadi sepang kekasih.  Namun pada saat itu lah giliran si Souhei yang bingung sama perasaan dy yang sebenarnya ke Miku. Souhei ternyata menyukai Miku.

Opini:

Remaja banget! Itulah kesan pertama gw pas nonton nih drama. Tapi asik sih karena penggambarannya yang sederhana dan natural banget. Enggak ada tuh penggambaran tipikal kisah drama remaja lebay bin bahlul yang sering ditampilin sama sinetron lebay bin bahlul di sini. Semuanya masuk akal. Ceritanya juga cute se – cute tema yang dibawakan yang memang tentang remaja. Ahh seneng deh nonton drama ini apalagi si pemeran Souhei itu udah gede dan tambah ganteng aja haha. Dengan penggambaran kehidupan yang begitu sederhana dalam drama ini, gw hampir lupa kalau ini adalah drama Jepang yang biasanya kalau di drama atau film – film Jepang identik dengan teknologi dan segala-ketidak-nyataannya. Kadang gw ngerasa orang – orang Jepang itu unreal, tapi dengan nonton drama ini gw sadar kalau orang Jepang itu manusia juga sama seperti kita. Cuma bedanya mereka memang sudah menerapkan teknologi di semua lini kehidupan mereka.

 Dalam drama ini ada beberapa bagian sih yang emang ngebosenin kayak adegan pas pertama kalinya si Miku disentuh tangannya sama si Souhei. Itu kayaknya hampir setiap episode deh nampilin adegan itu. Bosen aja sih gw ngelihatnya. Tapi itu it’s okay lah enggak ganggu fisik ceritanya juga koq. Gw juga suka sama soundtrack yang sering dilantunin dalam drama ini. Keren lah. Para pemeran yang ada di drama ini juga terlihat natural semua. Apalagi si Hayato yang cool banget gitu. Bisa banget sih tuh mas – mas meranin karakter se – cool itu haha. Oiya satu lagi, menurut gw pribadi sih, percakapan – percakapan yang ada dalam drama ini simpel banget jadi mudah buat dimengerti apalagi kalau lagi belajar bahasa Jepang. Lumayan buat sekalian belajar.

Sekian,

Putri Permatasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s