Rimbawan Berduka [2013]

Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Sebelumnya saya ingin mengucapkan belasungkawa yang sedalam – dalamnya atas meninggalnya rimbawa alumnus Fakultas Kehutanan UGM Angkatan ’82 yang mengalami kecelakaan Sungai di Merauke, Papua pada tanggal 10 Desember 2013. Pak Gunawan ini ditemani oleh seorang tokoh masyarakat Merauke bernama Pak Gempo yang juga tewas dalam peristiwa ini. Berikut kronologis peristiwa yang menimpa Almarhum Pak Gunawan berdasarkan Medco Cellulose yang melakukan pencarian korban bersama TIm SAR. Berita dikutip dari sini: http://www.medcocellulose.co.id/berita-165-medco-cellulose–bersama-tim-sar-merauke-berpartisipasi-dalam-pencarian-korban-kecelakaan-di-sungai-.html

23medco-sar

Gambar diunduh dari http://www.medcocellulose.co.id/berita-165-medco-cellulose–bersama-tim-sar-merauke-berpartisipasi-dalam-pencarian-korban-kecelakaan-di-sungai-.html pada tanggal 02 Januari 2014 pukul 1.08 PM

Tanggal 10 Desember 2013 sekitar pukul 06.00 WIT,  Bpk Muhammad Amin Gempo Yang merupakan Tokoh masyarakat Merauke dan juga salah satu kontraktor Perusahaan Hutan tanaman Industri PT Selaras Inti Semesta ( Medco Cellulose ) melakukan perjalanan via angkutan sungai  Bian bersama Bpk Gunawan Staff PT Wanamulia Sukses Sejati, yang merupakan calon perusahaan hutan tanaman Industri yang berada di wilayah distrik Kaptel, kabupaten Merauke  sedang melakukan kunjungan ke Kaptel, untuk urusan kegiatan perusahaan PT Wanamulia Sukses sejati, yang sebelum berangkat ke Distrk Kaptel bpk gempo dan bpk Gunawan sempat transit bermalam di Base Camp  PT Selaras Inti Semesta di Dusun  Tamulik, Kampung Zanegi, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke.

Setelah mendapat informasi  dari salah seorang keluarga Bapak Gempo, bahwa pada tanggal 10 Desember 2013 sorenya, yakni kedua korban setelah selesai mengunjungi kampung Kaptel, telah kembali pulang  dari kampung kaptel sekitar jam 11.00 Wit dengan menggunakan speedboat. Dalam perjalanan dari Kampung Kaptel menuju ke dusun Tamulik pada kondisi air sungai sementara surut dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam, namun sampai sore hari nya belum juga tiba sehingga sekitar jam 15.00 Wit salah seorang kerabat Bapak Gempo dan dibantu karyawan PT SIS berinisiatif berangkat menyisir sungai Bian menuju kampung Kaptel untuk mencari tahu keadaan / situasi di lapangan. Dalam perjalanan mengarungi sungai bian tersebut , sekitar 20 km dari Logpond PT SIS di Tamulik telah ditemukan speedboat yang dipakai kedua korban dalam keadaan terapung hanyut tanpa ada penumpang, yang ada hanya barang-barang seperti tas, hp, dompet dengan sejumlah uang.

Setelah mendapat laporan dari tim Security PT Selaras Inti Semesta , ada indikasi Bpk Gempo bersama  staff PT Wanamulia Sukses sejati telah kena musibah yakni hilang dari perjalanan pulang dari kampung Kaptel menuju Logpond tamulik di sungai bian dengan menggunakan speed boat , kemudian Pimpinan Medco Cellulose ( PT SIS dan PT MIL)  menginstruksikan kepada Tim Pencarian Medco untuk melakukan pencarian para korban, dengan menggunakan 3 unit speed boat , dengan peralatan navigasi, dan sejumlah karyawan turun langsung melakukan penyisiran dan pencarian sepanjang sungai Bian yang terkenal arus sungai sangat deras, Tim Medco dalam pencarian korban juga secara bersama-bersama dengan TIM SAR Merauke, Pemda, aparat Keamanan gabungan, yang juga dibantu oleh perahu dan kapal kayu masyarakat serta dengan keluarga Bpk gempo, yang di mulai sejak di nyatakan hilang sejak tanggal 10 desember 2013 sore sampai dengan diketemukan 2 orang korban tersebut dalam keadaan sudah meninggal dunia pada Tanggal 12 Desember 2013 jam 13.00 -14.00 Wit.

Dalam mempersiapkan pencarian korban tsb,  Tim Medco secara aktif mulai mempersiapkan segala keperluan – keperluan, seperti Kebutuhan peralatan, kendaraan, speedboat, logistik, bahan bakar, Konsumsi, Komunikasi, Navigasi / peta dan Posko serta perbaikan jalan sekitar 1 km untuk mempermudah kendaraan dan akomodasi dapat berjalan lancer menuju ke Posko SAR.

Bupati Merauke Bpk Romanus Mbaraka dan beberapa jajaran terkait langsung turun ke Lokasi dan tiba di Posko SAR di Tamulik tgl 11 Desember 2013 sekitar pukul 14.00 WIT. Selanjutnya Bapak Bupati Merauke pada kesempatan tersebut melalui GM PT SIS Bpk Jung Jae Hyo dan GM PT MIL Bpk Choi Hi Jin, Deputy GM  Bpk Benni Rosa dan Bapak Makmur menyampaikan langsung ucapan terimakasih atas partisipasi perusahaan dan telah menyiapkan Posko , serta selanjutnya pihak Medco Cellulose tetap secara aktif dapat membantu dan mensupport kegiatan pencarian para korban semaksimal mungkin bersama – sama Tim SAR , Pemda, Aparat keamanan, Keluarga Korban serta dengan partisipasi masyarakat sekitar dari Kampung Zanegi, kampung Kaptel, kampung Buope dll.

Dengan menempati camp PT Selaras Inti Semesta yang ada di sekitar sungai Bian yakni Logpond Tamulik sebagai Posko Induk TIM SAR , setelah melakukan pencarian menyisir sepanjang sungai bian dan menyisir  melalui daratan sepanjang sungai hampir selama 3 hari, dari tanggal 10 Desember 2013 sampai tanggal 12 Desember 2013 dan pada akhirnya Tgl 13 Desember 2013 sekitar jam 13.00 Wit, Tim pencarian berhasil menemukan Jenazah Bpk  Muhammad Amin Gempo ( Posisi Koordinat  7* 55’ 32,59” S  – 140* 07’ 55,14” E ) dalam keadaan hanyut dibawa arus sungai sekitar 40 km dari Lokasi ditemukan speedboat, dan menyusul kemudian sekitar jam 14.00 Wit ditemukan Jenazah Bpk  Gunawan (  Posisi Koordinat 7* 55’ 33,09” S – 140* 08’ 10,58” E ) yang tidak jauh dari lokasi ditemukan Korban sebelumnya. Kemudian tim medis  PT SIS di bawah pimpinan dr hanif rahman mengecek dan memeriksa kedua korban , selanjutnya kedua korban yang telah meninggal dunia tersebut di evakuasi ke kota merauke melalui Jalan Darat dari Dusun tamulik , Kampung Zanegi menuju Merauke ( sekitar 130 KM ) dengan menggunakan kendaran PT SIS dan Kendaraan kerabat / keluarga Bpk gempo bersama – sama Tim Pemda Merauke yang di Pimpin Bpk Effendi Kanan ( Kadishutbun Kab merauke ).

“Innalillahi Wainnaillaihi Rajiun, saya pribadi turut berduka cita yang sedalam – dalamnya atas meninggalnya rimbawan Bapak Gunawan dan Bapak Gempo di Merauke, Papua. Semoga semua amal ibadah Pak Gunawan dan Pak Gempo diterima Allah SWT dan mereka mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan serta keikhlasan. Aamiin Yaa Robbal Allamin”.

Sekian,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s