Dari Jogja – Rapat DELRI – Kedubes India – Ngejar Ojek – Cetak Poto – Phone Interviewed by R*inforest Alli*nce – Kedubes India

Alhamdulillah banget akhirnya bisa kembali lagi ke blog setelah sekian lama. Pengen banget nulis lagi di sini namun kemarin server internetnya sempat bermasalah jadi urung tapi akhirnya bisa. Pengen bercerita tentang pengalaman beberapa waktu yang lalu sebelum ke India, sebenarnya kisah ini terjadi 2 bulan yang lalu sebelum saya berangkat ke Hyderabad, India untuk menghadiri Convention on the Biological Diversity, Conference of the Parties 11 (CBD COP 11).  Tepat hari Jumat tanggal 28 September yang lalu, saya dan teman saya berangkat langsung dari Jogjakarta ke Jakarta guna menghadiri breakfast meeting DELRI (Delegasi Indonesia). Sebelumnya tujuan kami mengikuti breakfast meeting Delri adalah karena diundang oleh Bapak Antung dari Kementrian Lingkungan Hidup untuk membahas persiapan mereka dan hal-hal apa saja yang perlu dibahas di sana. Tujuan kami dengan Delri selebihnya sama yaitu untuk menghadiri acara Convention on Biological Diversity (CBD) COP 11 MOP 6 di Hyderabad, India pada tanggal 8-19 Oktober 2012. Karena Delri itu merupakan delegasi Indonesia jadi mereka akan pergi ke India atas nama Indonesia dan akan berjuang dalam rapat plennary besar di CBD tersebut, terutama dalam hal kelestarian lingkungan hidup (biodiversity) dan kehutanan di Indonesia.

Kereta dari Jogja sampai di Jakarta pukul 04.30 pagi, kami langsung menuju musholla stasiun dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk rapat tersebut. Rapat Delri sendiri diadakan di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta. Awalnya dijadwalkan rapat tersebut mulai pukul 07.30 Pagi, namun kemudian bergeser pukul 08.30 Pagi. Sebelum rapat dimulai, kami menunggu di luar ruangan sambil melihat orang lalu lalang. Kondisi kami saat itu percis seperti penerima tamu undangan di acara sunatan, haha gubraak. Setelah itu kami memutuskan memasuki ruangan dan dipersilahkan menikmati hidangan oleh pelayan hotel. Namun sebelum itu kami memperkenalkan diri kami terlebih dahulu kepada para peserta Delri yang berasal dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), Kementrian Luar Negeri (KLN/Deplu), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementrian Kehutanan (Dephut). Akhirnya kami berkenalan dengan Bapak Antung dari KLH. Kemudian beliau mengenalkan kami kepada teman-teman rekan kerjanya.

Akhirnya setelah jamuan sarapan, rapatpun dimulai. Rapat dipimpin oleh Bapak Arief Yuwono yang merupakan alumni Kehutanan UGM. Dalam rapat tersebut para peserta Delri mempersiapkan materi dan keperluan apa saja yang akan disampaikan di CBD kelak. Karena nantinya ide atau saran tersebut juga akan menjadi amunisi di pertemuan High Level Segment CBD yaitu pertemuan para petinggi-petinggi yang akan membahas mengenai mekanisme atau kebijakan yang ada di dalam isu keanekaragaman hayati dimana Bapak Arif Yuwono dan Mentri Lingkungan Hidup Indonesia untuk Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yaitu Bapak Balthasar Kambuaya akan menghadiri segmen tersebut. Selain itu, ada pula yang memberikan saran, ide, opini, dan pertanyaan terkait materi dan hal teknis yang akan dibawa untuk CBD. Seusai rapat kami bercengkerama dengan Bapak Arief yang sangat ramah dan baiknya. Kami berbicara mengenai banyak hal termasuk kendala kami yang paling utama yaitu dana keberangkatan kami ke India. Akhirnya sambil berdiskusi tersebut, Pak Arief menyuruh kami memasukan surat permohonan sponsorship kepada beliau lewat Ibu Butet (sekertaris atau asisten beliau). “Namanya juga usaha” begitulah kata Pak Arief meyakinkan kita untuk memasukkan surat permohonan bantuan dana kepada beliau.

Setelah Delri selesai, kamipun langsung segera keluar menuju Kedutaan Besar India yang lokasinya di daerah Kuningan, Jakarta percis di depannya Kedutaan Besar Belanda.  Di sana kami mengantri untuk mengurus visa keberangkatan ke India dan ternyata ketika giliran kami di panggil ternyata ada kesalahan ukuran poto. Kesalan ukuran poto itu adalah kesalah saya karena saya salah dalam mengukur poto tersebut sehingga saya harus mengganti poto tersebut. Awalnya saya berpikir karena saat itu sudah hari jumat dan besok sudah hari sabtu yang artinya akan libur, maka saya harus kembali ke kedutaan hari senin. Akan tetapi pengurus visa yang ada di sana yang merupakan orang India asli sangat baik dan mengizinkan saya untuk mengganti ukuran poto tersebut dan menyuruh saya kembali ke kedutaan sore harinya karena Kedubes India itu buka kembali pada pukul 16.00 sore.

Dalam perjalanan mengganti poto, saya pun harus mengejar ojek sehingga bisa mengantarkan saya mencari tempat percetakan poto. Kebetulan saat itu sudah memasuki waktu sholat jumat sehingga teman saya sholat terlebih dahulu dan saya pergi mencari tempat percetakan poto. Di ujung jalan dekat masjid tersebut ternyata ada tukang ojeg yang sedang menunggu pelanggan, kemudian saya langsung carter dia untuk mengantar saya ke tempat percetakan poto. Dan ternyata di daerah tersebut jarang di temui tempat percetakan poto sehingga kami muter-muter mencarinya. Awalnya sih si tukang ojeg bilang kalau tempat cetak poto itu ada di daerah Mampang, akan tetapi tempat cerak poto yang dimaksud si tukang ojeg itu tutup. Alamak, alhasil kita muter-muter deh di daerah sekitar itu. Lumayan jauh juga dari Kedubes India. Saya dan si tukang ojeg sibuk mencari tempat cetak poto berada, setelah kita berputar-putar dan sulit menemukan itu. Kemudian ketika saya yang sedang melihat kearah kiri, tiba-tiba terhenyak dengan sebuah toko kecil yang menyediakan cuci cetak poto. Sebenarnya itu bukan toko resmi untuk cuci cetak poto seperti yang kita tahu macam Cemerl*ang, Kayoun*, Phot*Talk, atau Kod*ak Film. Tapi itu adalah toko kecil yang memang menyediakan jasa cuci cetak poto seadanya. Kemudian kita berhenti di sana dan sayapun mencetak poto.

Alhamdulillah semuanya bisa diatasi, poto saya pun selesai dicetak. Akan tetapi ketika saya sedang menunggu poto tersebut, saya tiba-tiba mendapat panggilan telepon masuk dan ternyata itu berasal dari LSM Rainf*rest Alli*ance. Kebetulan saat itu saya sedang di interviewed by phone oleh mereka dan saya ditanyai beberapa hal oleh mereka. Saya mengirim aplikasi sebenarnya sudah dari bulan April atau Mei yang lalu, hanya saja mereka baru merespon saya bulan September kemarin. *Waktu yang sangat lama, bukan!? Setelah semuanya selesai sayapun kembali ke mesjid untuk kemudian kembali lagi ke Kedutaan Besar India.

Ketika sampai di masjid, sayapun membayar ojeg tadi dan ternyata si tukang ojeg itu membandrol harga dengan sangat tingggggiii! Memang sih ketika kami muter-muter itu cukup jauh dan dia juga menunggu sangat lama ketika di tempat percetakan poto karena pada saat itu saya menerina wawancara via telepon dari LSM tersebut.

Tukang ojeg tersebut meminta harga Rp.40.000! Saya pun kaget begitupula teman saya. Saya juga tidak tahu apakah itu memang harga standar tukang ojeg yang muter-muter plus menunggu lama, atau saya memang sedang dikerjai oleh tukang ojeg tersebut. Karena si tukang ojeg tidak mempan di tawar akhirnya dengan harapan semoga semua yang saya dan teman saya usahakan hari ini berbuah manis dengan jadi berangkat ke India untuk CBD, maka saya dan teman saya pun rela patungan memberikan uang tersebut ke tukang ojeg.

setekah semuanya selesai, kami kembali ke Kedutaan India dan memberikan poto dan dokumen yang diperlukan. Sebenarnya untuk acara CBD ini, total delegasi yang ada adalah empat orang, yaitu saya, teman saya tadi, dan dua orang lagi. Kami mewakili dari International Forestry Students’ Association (IFSA) dan karena itu kami juga mengurus visa untuk dua orang teman saya yang lain.

Amazing conference in Hyderabad, India

Alhamdulillah dengan segala usaha yang diusahakan, kami berempat berhasil berangkat ke Hyderabad, India selama dua minggu untuk menghadiri konferensi CBD COP 11 tersebut.

Salam,

Putri Permatasari

3 thoughts on “Dari Jogja – Rapat DELRI – Kedubes India – Ngejar Ojek – Cetak Poto – Phone Interviewed by R*inforest Alli*nce – Kedubes India

Leave a Reply

