Apa yang Kalian Rasakan?

Apa yang akan kalian rasakan bila melihat gambar ini?

*Do you see hope kids? I love you!

Sekali lagi saya bertanya, apa yang kalian rasakan bila melihat gambar ini? Bukan maksud saya untuk mengeksploitasi gambar ini atau berupaya simpati hanya untuk kepentingan tertentu saja. Saya mendapatkan gambar ini dari teman saya yang mempostkan di salah satu social media yang sedang marak saat ini (facebook). Tidak tahu kenapa ketika melihat gambar ini untuk pertama kalinya, tiba-tiba air mata saya belinang begitu saja secara otomatis. Saya tidak tega melihat keadaan anak-anak yang tergambar di dalam gambar di atas. Saya tidak tahu mereka dari negara mana, akan tetapi dari visualisasi fisik yang dihadirkan oleh gambar terlihat bahwa anak-anak tersebut berasal dari salah satu negara yang terdapat di benua Afrika. Terlepas apapun dari mana asal negara mereka, apa agama mereka, apa keyakinan mereka, apa warna kulit mereka, apa suku mereka, atau apapun itu. Mereka tetaplah SATU, yaitu makhluk Allah swt. yang perlu kita bantu dan tolong bersama-sama. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti kita di sini. Mereka perlu sekolah, mereka perlu makan makanan yang bergizi, mereka perlu minum, mereka perlu tidur, mereka perlu bermain, dan mereka perlu mendapatkan fasilitas-fasilitas yang lain pula seperti yang kita dapatkan di sini. Saya tidak yakin apakah mereka mendapatkan itu semua di sana bila melihat kondisi mereka melalui gambat tersebut.

Buka maksud saya untuk sok suci atau sok tahu, saya di sini benar-benar sedih melihat kenyataan yang ada pada mereka melalui gambar tersebut. Ketika di sini kita dan banyak sekali orang yang sibuk mengeluh atau kufur nikmat terhadap apa yang telah diberikan oleh Allah swt. kepada kita, sementara anak-anak yang ada di dalam gambar tersebut harus berjuang mati-matian untuk sesendok nasi setiap harinya. Keadaan itupun harus mereka hadapi setiap hari dimana orang tua mereka juga tidak sanggup untuk membiayainya karena faktor kemiskinan dan biaya hidup yang tinggi di sana.

Saya hanya bisa berpesan baik untuk diri saya sendiri ataupun yang lain yang juga membaca tulisan ini. Berhentilah mengeluh atau selalu merasa kurang atas apa yang terjadi pada diri anda! Saat ini kita sudah berada dalam kehidupan yang benar-benar nikmat dengan berbagai fasilitas yang baik pula. Bila anda terus mengeluh dan merasa kurang puas setiap harinya atas kehidupan anda, lantas bagaimana dengan anak-anak di atas?! Bagaimana dengan kehidupan mereka yang setiap harinya harus berhadapan dengan kelaparan, kehausan dan tekanan hidup? Saya mengerti apa yang dirasakan oleh anak-anak di atas, setiap hari mereka harus berhadapan dengan keras dan getirnya hidup.

Saya juga bukanlah orang yang sempurna dengan segala kekurangan yang saya miliki. Di sini kita memang belum paham betul bagaimana cara kita untuk dapat membantu mereka secara langsung. Akan tetapi yang jelas yang bisa kita lakukan untuk mereka, selain mendoakan untuk kesejahteraan dan keselamatan mereka selalu, paling tidak dengan kita menyadari untuk tidak mengeluh dan selalu bersyukur atas apa yang telah kita peroleh saat ini dengan saling menghargai sesama pula. Paling tidak dengan melakukan hal tersebut kita sudah membentengi dan menebalkan diri kita untuk selalu bersyukur kepada Allah swt. Kita juga jadi lebih bisa untuk menghargai hidup, sekecil apapun hasil yang kita terima, sudah sewajarnya kita patut untuk selalu mensyukurinya, karena itu semua adalah karunia dari Allah Yang Maha Kuasa. Jangan pernah merasa iri dengan hasil yang lebih besar yang didapat oleh orang lain, atau jangan pernah selalu berpikir kita selalu berada dalam keadaan kurang, kurang, dan kurang. Berhentilah kawan! Karena itu semua adalah rezeki untuk kita dari Allah swt. dan kitat patut untuk mensyukurinya. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua, Amin

Salam

Putri Permatasari

Leave a Reply

