Tania Gunadi ~Artis Hollywood yang Berasal Dari Indonesia

        Yup! Dia adalah Tania Gunadi, seorang warga negara Indonesia kelahiran  Bandung pada tanggal 29 Juli 1983 yang sukses menjadi artis Hollywood.  Mungkin sebagian dari kita masih belum familiar dengan Tania Gunadi akan tetapi dia sudah banyak sekali membintangi berbagai serial televisi, film  televisi, dan film layar lebar Amerika. Saat ini dia sedang disibukkan sebagai  voice actor atau pengisi suara di film seri animasi “Transformers Prime”  sebagai Miko Nakadai yang saat ini memasuki penayangan musim ketiga.

         Perjalanan karir Tania dimulai ketika pada tahun 2000 selepas lulus SMA dia memenangkan lotre “Green Card” dimana dengan itu dia dapat bersekolah gratis dan bisa melanjutkan kuliah di sana. Bagaikan hidup di dalam mimpi, dia langsung menyanggupi untuk berhijrah ke negeri paman Sam tersebut. Akan tetapi kehidupan di Amerika tidak semudah yang dibayangkan dengan biaya hidup yang sangat mahal di sana. Sembari bersekolah untuk menambah uang saku, Tania bekerja part time di Pizza Hut. FYI, kala itu Tania masih belum fasih berbahasa inggris sehingga sering kali keliru dalam melaksanakan tugasnya seperti salah menerjemahkan menu pelanggan Pizza ketika dia bertugas sebagai penerima telepon, kemudian turun jabatan sebagai koki akan tetapi di sini dia kembali gagal dan diturunkan sebagai pencuci piring yang kemudian dinilai gagal pula. Akhirnya posisi Tania diturunkan kembali sebagai pembersih tiolet dan tukang sapu di depan toko.

Tania Gunadi -the Hollywood Actress from Indonesia

         Awal karir akting Tania Gunadi dimulai ketika dia diajak seorang rekannya untuk mengikuti audisi iklan Disneyland. Disini dia hanya disuruh berteriak sekencang-kencangnya saja ketika main roller coaster tersebut. Tania sukses memerankan peran itu dalam arena tersebut dimana peserta lain pada kelelahan semua. Berkat peran dalam iklan itu dia dibayari 1500 dolar yang memang sangat besar dibandingkan kerja di Pizza Hut yang hanya dibayari 5 dolar per jam-nya. Kemudian saat itu juga dia meyakinkan diri sendiri untuk segera menjadi aktor dan memperbaiki kemampuan bahasa inggrisnya.

         Ternyata untuk menjadi seorang artis dan aktor di Hollywood itu tidaklah mudah. Kompetesi yang terjadi di sana sangaaatlah berat dan Taniapun kerap kali gagal atau ditolak mentah-mentah ketika dia mengikuti audisi. Akan tetapi Tania tidak gentar dan putus asa, dia berusaha sekuat tenaga untuk dapat mewujudkan cita-citanya sebagai seorang aktor di sana, seperti mengikuti kelas akting yang diasuh oleh Robert F. Lyons yang juga merupakan mantan aktor terkenal Hollywood pada era 70 dan 80-an. Usaha Tania cukup berbuah manis, akhirnya dia membintangi beberapa serial TV Amerika walaupun kala itu dia hanya bermain sebagai figuran dan tidak dibayar sama sekali. Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya dia tampil dan didapuk sebagai aktor tamu untuk penampilannya dalam beberapa serial TV seperti “Even Stevens”, “It’s Alway Sunny in Philadelphia”, “Boston Public”, “The Magic of Ordinary Days”, dll. Dia juga membintangi Disney Channel Original Movies untuk “Pixel Perfect” dan “Go Public” yang membuatnya semakin terkenal. Ohya, dalam serial Boston Public itu dia berperan sebagai orang Indonesia loh yang bernama Sri Sumarto. Dan serial yang benar-benar membuat dia terkenal banget dan membuat publik Amerika mengenalnya itu adalah atas perannya sebagai Emma Lau dalam serial “Aaron Stone” untuk Disney😄 yang penayangannya diputar selama dua tahun mulai 13 Februari 2009 hingga 30 July 2010. Di sini dia memerankan dual karakter dimana di luar dia hanya seorang gadis biasa akan tetapi ketika kembali ke rumah dia menciptakan senjata untuk membantu Aaron Stone dalam melindungi bumi. Setelah serial itu dia mengisi suara untuk film animasi “Zambezia” bersama Abigail Breslin. Selain serial televisi, Tania Gunadi juga membintang beberapa commercial breaks seperti Honda dan Target. Tahun 2012 ini dia juga dilibatkan untuk pertunjukan baru YouTube yaitu “MyMusic”.

Tania Gunadi in her role as Emma Lau from Disney’s TV Channel “Aaron Stone”

         Ternyata kepopuleran Tania Gunadi tidak membuatnya lupa daratan, selain bergabung dengan “Alley Cat Allies” yaitu sebuah komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan dan melindungi hidup kucing, dia juga membantu warga yang kurang mampu di Jawa Barat. Dia membangun sumur yang ada di daerah Garut untuk menyediakan air bersih bagi warga di sana. Sungguh suatu perbuatan yang mulia bagi seseorang yang sudah sukses untuk kemudian membantu orang-orang yang ditempat dimana dia berasal. Seperti dalam interview nya bersama CNN, dia terbangun ingin membantu sesama ketika masih kecil saat melakukan perjalanan naik kereta dari Bandung ke Jakarta, saat itu dia melihat seorang wanita tua yang sangat kurus sedang duduk di rumput dan hanya melihat kereta yang lewat. Mulai saat itulah dia meyakinkan diri dia sendiri kelak ketika dewasa dan memliki uang dia akan membantu orang-orang yang kurang mampu. wow, trully amazing!

         Melihat kesuksesan Tania Gunadi di sini sungguh membuat insipirasi bagi siapapun yang membacanya. Dia selalu berpesan dengan segala kesederhanaannya bahwa jika kita memiliki mimpi apapun maka kita harus selalu go for it dan yakinlah bahwa everything is possible! Sungguh seorang yang sangat hebat dan dermawan dimana dia tidak lupa akan jati dirinya sebagai orang Indonesia. Saya berani bilang seperti ini karena dalam setiap wawancaranya dia selalu menunjukkan kesederhanaannya dengan tidak malu menunjukkan ke-Indonesia-annya pada siapapun yaitu dengan selalu menunjukkan aksen Sunda-nya, terlebih ketika dia berbicara dengan orang Indonesia. Sungguh orang yang sangat luar biasa! Mungkin berbeda dengan kebanyakan orang di sini yang justru malah bangga dengan sisi kebarat-baratannya dan menutupi asal mereka. Banyak sekali kan bukan hanya dari kalangan artis tapi dari kita juga yang sengaja membarat-baratkan gaya dan ucapan kita bahkan tidak bangga dengan Indonesia kita. Tania Gunadi bisa menjadi jawaban dari sumber inspirasi kita untuk selalu, selalu, dan selalu mencintai dan membanggakan Indonesia ini. Semoga menjadi sumber inspirasi dan menambah semangat untuk meraih cita-cita bagi siapapun yang membacanya. Indonesia Hebat!

Salam,

Putri Permatasari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s